rss
twitter
    Find out what I'm doing, Follow Me :)

AGEN TIKET TOUR & TRAVEL

Sukses Mandiri : Penyebab utama dari penghasilan yang dirasa tidak pernah cukup adalah pengeluaran yang lebih besar daripada penghasilan, alias defisit anggaran belanja. Ada 2 buah pendapat mengenai defisit anggaran belanja. Yang pertama disebabkan kepemilikan gaya hidup yang berada diluar kesanggupan finansialnya. Yang kedua disebabkan karena penghasilan keluarga, pada kenyataannya, memang tidak mencukupi untuk memenuhi kebutuhan pokok keluarga--bahkan yang paling minim sekalipun. Untuk ke 2 penyebab ini, ada 3 cara mengatasinya, yaitu:

  1. Melakukan penghematan dengan mengurangi beberapa pos pengeluaran keluarga, misalnya mengurangi pengeluaran untuk rekreasi, menghemat biaya pemakaian telpon & listrik, dll.

  2. Menambah penghasilan keluarga, misalnya dengan mengambil kerja paruh waktu, membuka usaha, menjual keahlian Anda atau dengan berinvestasi.

  3. Anda bisa melakukan cara ke-1 dan ke-2 secara bersamaan. Keuntungannya, defisit anggaran belanja bisa lebih cepat teratasi karena pengeluaran keluarga Anda berkurang karena melakukan penghematan. Itu di satu sisi. Di sisi lain, penghasilan keluarga Anda juga bertambah karena adanya penghasilan tambahan

Saran saya, untuk mengatasi masalah penghasilan Anda yang dirasa kurang cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup keluarga sehari-hari, maka Anda bisa mencoba cara ke-3, yaitu mencoba untuk melakukan penghematan. Dalam jangka panjang juga usahakan untuk meningkatkn penghasilan keluarga. Jika Anda ingin meningkatkan penghasilan keluarga dengan cara membuka usaha sendiri, maka pertimbangkanlah hal-hal berikut ini:

  1. Jika pengeluaran keluarga masih tergantung dari penghasilan Anda, maka sebaiknya tetap bekerja pada perusahaan yang lama sambil menjalankan bisnis Anda yang baru perlahan-lahan. Dikhawatirkan jika Anda langsung berhenti bekerja dan penghasilan rutin Anda terhenti, padahal bisnis Anda yang baru belum menghasilkan pendapatan untuk Anda, maka kondisi finansial keluarga akan terguncang.

  2. Bisa juga Anda memutuskan untuk berhenti dari pekerjaan lama dan total berkonsentrasi penuh membangun bisnis yang baru, hanya jika memenuhi 2 kondisi, yaitu:

    1. Anda telah mempunyai dana cadangan untuk digunakan memenuhi pengeluaran keluarga selama bisnis Anda yang baru belum menghasilkan keuntungan,

    2. Anda telah mempunyai pengalaman dan pengetahuan yang cukup untuk menjalankan bisnis Anda, sehingga berbagai resiko usaha dapat diantisipasi dengan baik.

Mengenai niat Anda untuk menjadi agen pemesanan tiket pesawat dan Biro Perjalanan Wisata (Tour & Travel), maka sebelumnya saya singgung sedikit mengenai usaha Agen Perjalanan Wisata ini.

Agen Perjalanan adalah usaha yang menyediakan jasa pelayanan yang berkaitan dengan penyelenggaraan perjalanan dan penjualan produk wisata. Jasa-jasa pelayanan yang ditawarkan Agen Perjalanan antara lain:

  • Pemesanan tiket angkutan udara, laut, darat baik dalam maupun luar negeri

  • Perantara penjualan paket wisata yang dikemas oleh Biro Perjalanan Wisata

  • Pemesanan akomodasi, restoran, tiket pertunjukan seni budaya, dan kunjungan ke objek wisata,

  • Pengurusan dokumen perjalanan berupa paspor, visa, atau dokumen lainnya.

Dengan demikian sebuah perusahaan Agen Perjalanan adalah perantara yang juga berfungsi sebagai konsultan yang menjadikan deal/ transaksi langsung dari klien ke sebuah perusahaan perjalanan atau Biro Perjalan Wisata (BPW . Biasanya, untuk memudahkan penjulan paket-paket tur dalam waktu tertentu kepada Agen Perjalanan, BPW membuat Confidential Tariff.

Confidential Tariff adalah harga paket tur yang disusun oleh BPW, diperuntukan bagi agen yang menjual produknya untuk dipakai sebagai pedoman dalam menetapkan harga tur yang dijual kepada konsumen, dan menentukan besarnya komisi atau harga netto (agen hanya perlu menaikkan harga sesuai persetujuan manajemen). Disebut Confidential Tariff, karena harga yang disajikan bersifat rahasia (confidential), hanya diperuntukkan bagi agen yang menjalin hubungan dengan BPW saja.

Dengan demikian, prosedur untuk bekerjasama dengan satu atau lebih BPW, berada dalam ruang lingkup suatu bentuk perjanjian yang menjadi patokan dasar dalam hal harga yang telah disetujui atas service yang dijual kepada calon klien, plus keuntungan yang diinginkan.

Selain BPW, maka Agen perjalan juga dapat bekerjasama dengan berbagai perusahaan bisnis perjalanan dan pariwisata seperti Agen Perjalanan lain, perusahaan penerbangan domestik/ asing, perusahaan jasa penginapan, perusahaan jasa boga, dll. Atas kerjasama tersebut, Anda mendapat keuntungan berupa komisi, discount harga, dll. Contoh:

  • Agen Perjalan dengan Agen Perjalanan lainnya, baik dari dalam atau luar negeri, berupa penanganan paket tur, harga hotel, transportasi.

  • Agen Perjalanan dengan perusahaan penerbangan domestik/ asing, berupa harga confidential tariff, harga tiket spesial, harga paket tur, termasuk tiket pesawat.

  • Agen Perjalanan dengan perusahaan jasa penginapan, berupa Contract Room Rate, harga kamar spesial, paket Meeting, paket Honeymooners.

  • Agent Perjalanan dengan Biro Perjalanan Wisata, berupa pemberian harga khusus paket wisata untuk rombongan dengan fasilitas yang diberikan.

  • Agen Perjalanan dengan perusahaan jasa boga, berupa pemberian harga makanan dan minuman khusus dan jasa katering.

Tidak ada komentar: